Penyakit saluran kemih pada kucing

Penyakit saluran kemih pada kucing tidak hanya merujuk pada satu masalah medis tertentu. Sebaliknya, ini mengacu pada gangguan yang mempengaruhi kandung kemih atau uretra pada kucing, atau dikenal sebagai saluran kemih bagian bawah. Salah satu kondisi yang paling umum adalah sistitis, yang terjadi ketika ada radang saluran kemih.

Penyakit saluran kemih pada kucing

Penyakit saluran kemih pada kucing

Sebab

Penyebab umum penyakit saluran kemih pada kucing adalah infeksi atau radang kandung kemih. Perkembangan batu kandung kemih juga mungkin bertanggung jawab. Batu-batu ini dapat terbentuk kapan saja ada kelebihan mineral seperti fosfor, magnesium, atau kalsium. Jumlah yang berlebihan dari mineral-mineral ini dapat terbentuk dalam urin dan akhirnya dapat berkembang menjadi batu.

Obstruksi saluran kemih juga dapat menyebabkan penyakit saluran kemih kucing. Obstruksi sangat serius karena akan membuat kucing tidak bisa mengeluarkan air seni, sehingga produk limbah menumpuk di aliran darah. Obstruksi saluran kemih biasanya menjadi masalah bagi kucing jantan karena uretra mereka lebih sempit daripada kucing betina.

Tanda-tanda

Penyakit saluran kemih pada kucing dapat menyebabkan mereka buang air kecil di lokasi yang tidak pantas di luar kotak kotorannya. Anda juga mungkin melihat mereka mengalami kesulitan buang air kecil, dan akibatnya pergi ke kamar mandi lebih sering. Buang air kecil mungkin menyakitkan atau berdarah. Kucing juga menjadi lebih mudah tersinggung atau kehilangan nafsu makan saat berhadapan dengan masalah saluran kemih yang lebih rendah.

Diagnosa

Dokter hewan dapat mulai mendiagnosis masalah dengan mengambil sampel urin dari kucing. Sampel akan digunakan untuk melihat apakah infeksi bakteri menyebabkan masalah. Jika kucing tidak dapat mengeluarkan air seni dengan normal, maka sampel dapat diambil dari kandung kemih dengan memasukkan jarum halus langsung ke dalamnya. Selain mengambil sampel urin, x-ray atau ultrasound dari kandung kemih atau uretra juga terbukti bermanfaat. Ini akan membantu melihat apakah kandung kemih telah rusak secara fisik atau jika ada batu.

Pengobatan

Pengobatan penyakit saluran kemih pada kucing tergantung pada masalah khusus yang menyebabkan masalah. Obstruksi jelas perlu dihilangkan baik melalui penggunaan kateter atau melalui operasi. Pembedahan mungkin juga diperlukan untuk menghilangkan batu kandung kemih. Dalam kasus infeksi kandung kemih, antibiotik dapat diresepkan untuk kucing Anda.

Pengelolaan

Penyakit saluran kemih kucing bisa lebih mudah terjadi ketika kucing Anda tidak minum cukup air. Selalu sediakan banyak air segar sepanjang hari. Penting juga untuk berhati-hati dengan diet yang Anda berikan kepada kucing Anda. Penting juga untuk menjaga kotak sampah tetap terawat. Jika Anda memiliki banyak kucing, mungkin lebih baik menyediakan beberapa kotak.

Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel